Minggu, 23 September 2012
Berkaca dari Indonesia Best Brand 2012
Majalah SWA edisi 20 September - 3 Oktober 2012 menampilkan hasil survey Indonesia Best Brand 2012. Ada beberapa hal yang dapat dipelajari. Pertama, ada beberapa merek yang tahun 2011 tidak masuk, saat ini masuk, seperti: Kuku Bima, Teh Sisri, Big Cola, Viro, Dettol, Toyota Vios, dll. Artinya ada ada produk atau pemain yang berhasil dengan brand valuenya di masyarakat. Kedua, brand value satu sama lain selisih semakin kecil. Itu artinya persaingan semakin ketat, konsumen menjadi tidak loyal, karena brand value dianggap sama baik. Perlu ada terobosan yang kreatif. Ketiga, ada di beberapa kategori yang satu brand value terlalu dominan, selisih jauh dengan yang lain. Seperti: Sangobion (muktivitamin penambah darah), Indovision (TV berbayar), Promag (obat maaf), Yakult (minuman probiotik), Pop mie (mi instan dalam cup), Aqua (air minum dalam kemasan). Itu artinya ada beberapa kategori yang memiliki peluang untuk diisi. Dari ketiga hal diatas disumpulkan berbisnis adalah terus bersaing. Ada beberapa prinsip dalam persaingan bisnis. Mau tahu? Silakan email ke hendybakrim@yahoo.com (free).
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar