Sabtu, 12 Mei 2012

Cara Astra Honda Motor Berstrategi

Menentukan suatu produk dan harga bukan lagi dimulai dari dalam perusahaan, tapi dari luar perusahaan, dalam hal ini perilaku customer, kebutuhan, celah persaingan. Inilah rahasia Astra Honda Motor, yang diungkapkan Executive Vise President Johannes Loman, sebelum menentukan produk dan harga, cari tahu produk dan harga yang bisa diterima pasar. Baru setelah itu produk diciptakan, dengan usaha cost reduction agar bisa sesuai harga yang diterima pasar. Selain itu baru ditetapkan volume yang harus dicapai, dan bagaimana komunikasi pemasarannya (dengan pendekatan low budget tetapi high impact). Akan dengan mudah diterima jika produk dan harga yang kita jual sudah selaras dengan keinginan pasar. Oleh karena itu, pemahaman isi hati customer, kebutuhan mereka, bahkan kebutuhan yang tak terucap, dan psikologis customer sangat perlu diperhatikan sebelum kita menciptakan produk dan harga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar