Rabu, 09 November 2011

Maukah bisnis Anda seperti Shell, Dupont, Kodak yang berusia di atas 200 tahun?

Ironis sekali, banyak entrepreneur membangun bisnis namun mengejar manfaat jangka pendek, seperti keuntungan. Mereka tidak membangun perusahaan yang kokoh, tahan krisis dan berkelanjutan. Jika Anda inginkan bisnis Anda sukses berkelanjutan, selain Anda memiliki visi yang jelas, Anda perlu menjalankan bisnis secara benar. Belajarlah dari Shell, Dupont, Kodak, Sumitomo, dan Daimaru, yang berumur di atas 200 tahun. The Stora dari Swedia yang berusia lebih dari 700 tahun. Arie de Geus menyimpulkan ada empat faktor yang membuat perusahaan tersebut berumur panjang.
1. Perusahaan peka terhadap lingkungannya. Mereka mampu bergerak tepat waktu untuk menyesuaikan diri.
2. Perusahaan memiliki identitas yang kuat dan kohesif.
3. Perusahaan memiliki sikap terbuka terhadap eksperimentasi dan diversitas.
4. Perusahaan bersikap konservatif dalam perkara keuangan. Cermat dan hemat dalam belanja keuangan.
Dari keempat hal ini, sangat ditentukan oleh sikap entrepreneur dalam menjalankan bisnisnya. Keempat hal ini adalah hal abstrak yang tak berwujud namun menentukan bagaimana kelangsungan bisnis Anda.

Jangan abaikan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar