Pemahaman situasi pasar, melihat kebutuhan dan melakukan inovasi adalah tiga langkah untuk tetap eksis. Itulah yang dilakukan CEO Tag Heuer demi mempertahankan bisnis Tag Heuer di dunia.
Pertama dia melihat ada perubahaan pasar, saat ini pertumbuhan bisnis menyebar, tidak tersentral. Di Asia dulu mereka sangat tergantung dengan Singapura, namun kini warga kelas menengah atas tersebar di beberapa negara, dengan demikian mereka harus menanamkan jaringan yang tersebar pula.
Kedua Tag Heuer tidak saja menjual "jam", mereka mengemasnya dengan ikon dunia seperti bintang-bintang formula 1, atlet golf, hingga bintang holliwood. Bisnis kini bukanlah utamanya menjual produk tapi nilai yang mengikuti produk tersebut.
Dari kedua hal di atas mengajarkan kita untuk selalu mengikuti perubahan pasar, mengadaptasikan diri dan memberikan nilai-nilai yang relevan dan lebih baik dari pesaing.
Beradaptasilah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar