Minggu, 26 Mei 2013

Pelajaran Cara Tata Motors Berekspansi Bisnis 

Tata Motors dikenal dengan mobil fenomenalnya Nano yang dibanderol seharga Rp 25 juta saja. Tata Motors ikut tergiur dengan pasar otomotif Indonesia yang perkembangannya paling cepat kedua setelah China dengan laju 20% sampai 25%. Tata Motors menyiapkan beberapa strategi ekspansinya. Langkah awal adalah masuk ke pasar Tahiland tujuannya untuk mempelajari karakter pasar di Asia Tenggara. Setelah itu di Desember 2011 meresmikan PT Tata Motors Indonesia, dengan membangun awareness dengan mengikuti Indonesia International Motor Show 2012 lalu, juga melaui media. Tahap berikutnya membangun kesiapan SDM dengan program Training Center. Tahap selanjutnya menyeleksi dealer yang memiliki pengalaman. Juli 2013 ini akan merilis dua jenis passenger car dan satu jenis commercial car. Pada tahap awal produk-produk tersebut difokuskan dahulu di Jawa dan Bali. Dalam jangka panjang akan membangun pabrik bukan saja untuk pasar Indonesia tapi juga pasar ASEAN. Persiapan dan kematangan sangat menentukan kesuksesan ekspansi bisnis kita. Tidak saja cukup dengan kejelian melihat peluang pasar, tapi juga persiapan dan kematangan. Apa saja yang harus siap dan matang? Mau tahu? Silakan email ke hendybakrim@yahoo.com (free).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar