Kamis, 28 Maret 2013

Pelajaran Komunitas Pelanggan Polygon, Slank

Produsen sepeda Polygon membuat sepeda khusus warna kuning untuk komunitas pelanggannya. Tara Kusmana yang membuat helm dari masukan komunitasnya, sehingga lahir produk helm dengan kunci pengaman dan dilengkapi spion. Grup slank punya komunitas Slanker. Mereka adalah contoh perusahaan yang melibatkan komunitas pelanggan dalam co-creation. Dimana pelanggan memberikan masukan, diberi media, bahkan dilibatkan untuk produk dan layanan yang harusnya diciptakan perusahaan. Saat ini bukanlah persaingan soal merek, distribusi, harga, tapi persaingan meraih hati, ikatan dengan pelanggan. Arti lainnya, pelanggan membeli kepada penjual yang dia sukai, yang dihatinya ada ikatan batin. Oleh karena itu kita butuh komunitas, dimana mereka merasa di rumah sendiri, dijadikan satu keluarga, dan dilibatkan. Setelah memiliki komunitas, berikut beberapa aktivitas yang sebaiknya diaktifkan, apa saja? Mau tahu? Silakan email ke hendybakrim@yahoo.com (free).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar