Selasa, 26 Maret 2013
Cara Shell Berbisnis dan Bersaing
Shell Indonesia bisa bersaing dengan pelayanannya. Walau Pertamina sudah ada dibanyak tempat dan harga yang lebih murah, tetap saja Shell bisa bersaing karena pelayanannya. Walau hanya memperoleh ijin menjual BBM beroktan tinggi (diatas 92) yang pasarnya relatif kecil, tetap Shell bisa bertahan karena pelayanannya. Perbedaannya, pelayanan Shell tidak dijalankan dengan output service yang sudah umum. Mulai masuk ke SPBU konsumen diarahkan petugas ke tempat pompa yang kosong. Petugas dengan sopan meminta konsumen mematikan mesin mobil. Saat proses pengisian, petugas menawarkan membersihkan kaca kendaraan. Sebelum meninggalkan tempat, konsumen diingatkan untuk memakai sabuk pengaman dan mengucapkan semangat jalan. Service adalah sebuah tindakan, lebih dari sekedar SOP. Hal-hal sepele melahirkan care yang berkesan bagi konsumen. Tindakan care apalagi yang bisa kita terapkan di bisnis kita? Mau tahu? Silakan email ke hendybakrim@yahoo.com (free).
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar