Sabtu, 31 Maret 2012

Persamaan KFC, Mc Donald, Starbucks

Mengembangkan bisnis ibarat seorang pengembara yang mencari sesuatu. Entrepreneur takkan berhenti untuk mengakuisisi pelanggan baru, market baru, daerah baru, sampai ke industri yang baru lainnya. Orang yang jeli dan terus bergerak untuk menciptakan market demand, sesungguhnya merekalah yang akan menikmati keuntungan bisnis.
KFC, Mc Donald dan Starbucks adalah contoh RETAIL yang mengembangkan bisnisnya. Mereka betul-betul memanfaatkan jaringan outlet RETAIL yang mereka miliki. Kekuatan itu membawa mereka untuk meningkatkan revenue dengan menambah product item yang dijual. KFC Indonesia sudah mendahuluinya dengan menjual CD, berikutnya diikuti Mc Donald yang mengeluarkan menu breakfast. KFC tak mau ketinggalan, saat inipun KFC punya menu breakfast. Terakhir terdengar kabar Starbucks tidak saja menjual kopi, mereka juga akan menjual bir.
Andapun bisa melakukan yang sama, baik mengembangkan product item di industri yang sama, atau bisa juga product item yang berbeda tapi secara operasionalnya sejalan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar