Berbisnis tidak saja boleh dilihat dari satu sisi, misalnya hanya sisi keuntungan, tanpa melihat efek penerimaan pasar dan ke depan. Keuangan dan penjualan jika tidak dipadukan dengan bijaksana akan saling berkontradiksi dan saling mematikan. Keuangan tidak boleh menghemat untuk saat ini tapi mengorbankan peluang masa depan, begitu juga penjualan tidak boleh mengeluarkan kebijakan yang tidak efektif dan membawa keuntungan masa yang akan datang.
Alfred Sloan adalah CEO General Motors yang bijak, membedakan beberapa merk yang dimiliki GM ke beberapa segmen yang berbeda pula. Tidak demikian dengan CEO berikutnya, Roger Smith, demi keuntungan dan efesiensi, menjual mobil yang tidak berbeda dari beberapa merk GM, juga harganya setara.
Bertindaklah hati-hati satu memadukan keuntungan dan penjualan, agar terbentuk sinergi yang menguatkan Masa depan perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar